Anda Perantau? Ini Kisaran Biaya Hidup Di Jakarta

Jika kamu memiliki fasilitas BPJS Kesehatan, maka biaya operasi Cesar bisa ditanggung penuh, sehingga kamu bisa lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai orang trendy, Kamu jelas butuh hiburan atau sekadar ngopi bareng teman kerja, bukan? Biaya lain-lain tentu harus disesuaikan dengan gaji yang Kamu terima agar tidak besar pasak daripada tiang. Mungkin perubahan terbesar dari survei Mercer tahun lalu melihat Beirut naik dari kota termahal ke-45 untuk pekerja internasional pada 2020 ke harga ketiga untuk tahun 2021.

Berapa biaya hidup di Jakarta

Foto Rahma tengah duduk berduaan dengan seorang pria di atas kasus kamar hotel belakangan heboh di jagat media sosial. Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19. Kasus sumbangan Rp2 triliun dari anak Akidi Tio ini menggegerkan satu negara. Kenaikan kasus Covid-19 di daerah terjadi karena pemerintah daerah dan masyarakatnya lengah setelah tidak menerapkan PPKM Level four.

Boleh disesuaikan dengan surat keterangan ahli waris dari Instansi berwenang. Pengajuan bagi pekerja formal dapat dikuasakan oleh pemberi kerja dan pekerja informasi dapat diwakilkan oleh wadah atau kelompok tertentu. Yang dapat dikuasakan hanyalah pengurusan pengajuan klaimnya, tetapi untuk pembayaran klaimnya tidak dapat dikuasakan. Persyaratan pengajuan klaim bagi tenaga kerja habis kontrak sama dengan persyaratan untuk tenaga kerja yang mengalami PHK. Silahkan lihat sesuai persyaratan pengajuan klaim JHT untuk PHK.

Sama halnya juga untuk universitas, di Bandung juga tersedia universitas swasta dengan harga fantastis. Secara umum biaya hidup di Bandung untuk transportasi masih lebih terjangkau dibanding biaya transportasi di kota besar lainnya seperti Jakarta. Depo E-money Karena jangkauan wilayahnya dari satu tempat ke tempat lain masih relatif dekat, biaya transportasi pun lebih murah. Biaya hidup di Bandung untuk tempat tinggal cukup beragam, mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 10 juta-an per bulannya.

Sadar kalau di Jakarta persaingan cukup keras, saya memaksakan harus berpendidikan tinggi. Alhasil dari gaji yang saya dapat mau ngga mau harus dibagi antara bayar kuliah, makan, bayar kos, nyicil sepeda motor dan sesekali kirim ibu di kampung. Kemarin sempat rehat sejenak, kembali ke rumah di Jogja hampir 3 Minggu. Tapi baru sadar, Jogja memang enak untuk merehatkan sejenak pikiran dari pekerjaan.

Tapi ingat, jangan terlalu longgar ya Sobat karena sisa dana yang kamu dapat bisa dimanfaatkan untuk investasi. Jika takut telat masuk kantor, maka di pagi hari kamu bisa naik ojek online dan pada saat pulangnya baru naik transportasi umum. Untuk melepas stres ini, masyarakat Jakarta cenderung memiliki way of life yang tinggi.

Jeda.id pernah melakukan perbandingkan biaya hidup mahasiswa di Malang, Solo, Jogja, dan Surabaya yang dihimpun dari survei on-line di empat kota itu, wawancara, dan diolah dari berbagai sumber. Singapura tetap mempertahankan gelar menjadi kota termahal di dunia versi riset The Economist dengan kisaran biaya hidup di sana 16 persen lebih mahal dibandingkan New York. Jayapura Bicara tentang kota termahal, tentunya tak lepas dari provinsi Papua ya.

Pasti Anda perlu biaya ekstra untuk menjalani akhir pekan yang menyenangkan. Biasanya saat akhir pekan, orang Jakarta akan ramai ke pusat perbelanjaan. Sebagai pendatang dan ingin berhemat di bulan-bulan awal, Anda bisa menyiasati dengan belanja sembako di pasar kemudian mengolahnya sendiri untuk bekal makan siang. Jadi, saat di tempat kerja Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang. Selain Kuningan, Anda juga bisa mencari kawasan lain di Jakarta yang biaya tempat tinggalnya lebih murah.

Banyak juga mahasiswa yang sering menggunakan KRL dan Bus Transjakarta untuk berangkat dari kost ke kampusnya. Biasanya dengan tariff 4500 kamu sudah bisa sampai ke tujuan jika naik KRL atau Transjarta. Sedangkan untuk angkutan kota, kopaja dan metromini rata-rata harganya berkisar dari 4ribu tergantung juga rute yang kamu ambil.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mengatur pengeluaran serta menyiapkan uang untuk keperluan kamu selama menjadi mahasiswa di Jakarta. Selain itu apartemen juga terletak di kawasan yang strategis, sehingga kamu akan lebih mudah dalam menjangkau berbagai daerah termasuk kampus kamu. Kebanyakan warga Jakarta lebih suka membeli makanan siap saji dibanding harus repot memasak sendiri. Satu porsi untuk beli makanan berkisar antara Rp15.000 sampai Rp25.000 dalam sekali makan. Jadi untuk makan tiga kali kamu harus mengeluarkan biaya makan senilai Rp45.000 sampai Rp75.000. Kebutuhan transportasi setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung seberapa jauh jarak tempuh dari kos ke kantor.