Tips Memulai Bisnis Kos Kosan Di Tahun 2021

Merespon krisis yang terjadi, kebanyakan pemain bisnis kos, termasuk penulis, menggunakan cara mainstream untuk menarik buyer baru atau mempertahankan customer yang lama. Pemberian low cost hingga 50% dan menjalin kerjasama dengan platform on-line kos untuk memperluas advertising menjadi sebuah aternatif yang dilakukan. Namun karena ketiadaan demand membuat usaha menjadi sia-sia, kost tetap saja sepi penghuni.

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih kos-kosan yang Anda miliki atau tidak. Agar kamar kos-kosan Anda penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan goal dan fasilitas yang dimiliki kos-kosan tersebut. Sebaiknya cek terlebih dulu harga pasaran tarif sewa kost-kostan agar harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal ataupun murah. Harga pasaran ini diketahui melalui mesin pencari google atau melalui situ pencari rumah sewa.

Usaha kost-kostan

Ya, faktor tersebut memang selalu menjadi yang utama ketika berbicara tentang properti. Lokasi juga menjadi penentu mahal atau tidaknya sebuah properti. Apabila sebuah rumah kost terletak dekat dengan sebuah kampus atau kawasan perkantoran, harga sewa yang ditawarkan pasti akan lebih mahal. Dan ini adalah hal yang terjadi pada rumah kost di Jogja, kost-kostan Bandung, dan kost di Jakarta. Itu adalah pertanyaan yang sering kali kita jumpai dari orang orang yang meragukan potensi dari bisnis kost-kostan.

Harganya naik mengikuti inflasi, jadi cocok diandalkan sebagai penghasilan pasif setiap bulan. Anda bisa lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga sewa, seperti harga rata-rata dan fasilitas yang dimiliki kompetitor. Membangun kos-kosan dengan jarak dan lokasi yang tidak tepat membuat modal cenderung sedikit dan kadang tidak berputar. Selain itu, untuk membuat kos-kosan harus mengetahui ukuran standar kamar kosan. Misalnya Anda memiliki rumah dengan tanah belakang yang luas, Anda mungkin melakukan pemugaran bangunan agar lebih luas. Tak bisa dipungkiri, tingginya minat banyak orang untuk belajar dan mengelola bisnis kos-kosan membuatnya cukup populer.

Sebagai anak rantau yang pernah ngekos bertahun-tahun, saya melihat kalau bisnis kos-kosan pun tidak kalah menggiurkan dibanding dengan punya kontrakan. Dulu, saya harus membayar uang kos sebesar 750 ribu per bulan. Sebagai pemilik kost, Anda harus menyediakan waktu khsusus guna memanage tempat kost yang Anda kelola ini. Mulai dari pembayaran, perbaikan jika ada kerusakan, dan yang paling penting Anda jangan sampai kalah dengan para penyewa kamar yang susah untuk membayar uang sewa. Ketika Anda memilih mengelola kos-kosan, Anda masih memiliki kesempatan untuk membuka usaha lain yang disediakan di tempat kost tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi estimasi complete modal investasi yang dibutuhkan untuk membuka usaha sewa kamar kost-kostan sebesar Rp 61 juta. Selain itu, anda bisa menawarkan diri kepada para pemilik rumah kost di sekitar anda untuk menjadi tenaga pengelola rumah kost kostan. Jika anda sudah memiliki nama baik dan citra baik sebagai pengelola rumah kost yang bagus dan terpercaya maka akan ada banyak tawaran dari para pemilik kost untuk mengelola rumah kost mereka. Begitupun sebaliknya, saat Anda mendapatkan harga sewa, lokasi strategis dan fasilitas yang sesuai tapi kos kosan tersebut sudah penuh terisi. Anda harus teliti mencari informasi mengenai keberadaan kos kosan di sekitar Anda untuk mendapatkan perbandingan. Keamanan selama tinggal di kamar kos kosan adalah prioritas utama.

desain kos kosan Menyesuaikan dengan pangsa pasar yang dituju akan memberikan daya tarik sendiri bagi para calon penghuninya. Kalau target anda mahasiswa maka buatlah lokasi yang memungkinkan untuk belajar yang nyaman. Rumah kos merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan dimasa mendatang.

Dengan beriklan di media digital maka jangkauan bisnis akan luas. Mulai sekarang, sebaiknya Anda bisa meninggalkan kebiasaan tusuk sate, yakni melakukan semuanya seorang diri. Kendati rintisan, rekrutlah seseorang yang dapat dipercaya untuk membantu Anda mengelola kosan tersebut. Upayakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua penghuni. Kendati hanya melalui chat, ada baiknya Anda beramah-tamah dengan mereka. Bisa dibilang, kosan memegang peran penting dalam produktivitas dua kelompok di atas.