Science Entrepreneurship Mengadakan Seminar Kewirausaahaan Untuk Menumbuhkan Motivasi Berwirausaha Kepada Mahasiswa

Sebagai seorang pemula terkadang kita tidak tahu waktu, setiap hari dan setiap saat selalu melakukan hal yang berkaitan dengan bisnis sampai-sampai lupa beristirahat atau berolahraga. Hal tersebut memang baik sebagai pengalaman anda dalam berbisnis, namun sangat buruk untuk kesehehatan anda. Jangan sampai ketika anda telah sukses, uang anda habis untuk biaya berobat anda. Menguasai konsep bisnis terutama bisnis yang anda jalankan wajib hukumnya, anda harus benar-benar memiliki wawasan luas pada bisnis yang anda jalankan, terutama jika bisnis anda membutuhkan investor atau kerja sama dengan pihak lain.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Anda bisa saja mengalami proses pasang surut dalam membangun usaha. Apalagi jika menghadapi berbagai tantangan begitu berat yang bisa saja menyerah di tengah jalan. Namun bila memiliki dukungan dari lingkungan orang-orang terdekat terutama orang tua atau kerluarga ini yang memberikan banyak masukan positif, maka apapun jenis masalah dan tantangan tentu akan lebih mudah dilalui. Kesuksesan berbisnis tidak bisa didapatkan secara instan apalagi hanya sehari semalam saja. Justru Anda harus bekerja keras mengerahkan seluruh kemampuan tenaga serta ilmu berbisnis untuk menjalankan usahanya. Dengan kerja keras pastinya akan lebih mudah menghadapi berbagai tantangan, sehingga mudah meraih kesuksesan.

Brainstorming otak anda untuk terus menerus menelurkan ide-ide untuk bisnis Anda lebih kreatif. Baik dari segi produk, pengelolaan modal, promo hingga rencana – rencana kreatif lain yang lebih efektif. Pada awal-awal Anda menjalankan bisnis, alangkah baiknya jika Anda kerjakan sendiri dulu. Dengan kata lain Anda melakukannya dengan tenaga yang Anda miliki dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Saat Anda sudah merasakan kewalahan dan membutuhkan bantuan orang lain, bolehlah Anda cari partner untuk menjalankan dan mengembangkan usaha Anda. Ketika merekrut karyawan, pastikan kondisi Anda sudah mulai menghasilkan revenue dan stabil agar karyawan bisa semangat untuk bekerja dan menciptakan hal – hal baru.

Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup. Nah, itulah 15 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal di bawah hingga Rp1 Juta yang bisa Anda coba. Selain ide bisnis kreatif dan memanfaatkan peluang dengan baik, pengetahuan dalam menyusun strategi serta keuangan bisnis juga tidak kalah penting. Dengan menjalani bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Untuk memulai usaha, ide membuat berbagai makanan ringan mempunyai peluang yang cukup prospektif.

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya ia berjualan makanan di pinggir jalan. Namun, adanya pandemi ini memaksanya untuk memutar otak agar bisa terus bertahan hidup bersama keluarganya. Masker kain pun akhirnya dipilih menjadi bisnis barunya karena ia mempunyai cukup keahlian untuk membuat benda tersebut. Ani yang menggeluti usaha masker kain juga mengatakan jika penghasilan dari penjualannya itu lumayan dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Jika Ahlam dan Nataya memulai bisnis karena coba-coba atau untuk mengisi waktu luang semasa pandemi, berbeda dengan Ani, seorang ibu rumah tangga, yang memulai sebuah bisnis memang untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

Memiliki pekerjaan sampingan tak hanya membuat Anda menjalankan sebuah bisnis baru dengan resiko kecil, tapi juga sekaligus sebagai rencana cadangan jika suatu saat Anda bermasalah dengan pekerjaan Anda. Dahlan menyebutkan, jika saat ini rata-rata mahasiswa berusia 20 tahun atau 24 tahun, maka diperkirakan pada usia tahun dapat mulai merasakan kesuksesan. Pasalnya, pada usia itu, seseorang berada dalam kondisi kesehatan yang prima dan pengalaman yang matang. ”Untuk merasakan sukses pada usia tahun, maka para mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik, seperti kuliah dan memulai usaha.