Pengajuan Izin Ho Usaha Kost

Edukasi yang menciptakan kesamaan persepsi antara pengusaha rumah kos dengan fiskus kami pandang sebagai keharusan agar menciptakan equity dalam perpajakan juga kepatuhan pajak. Berangkat dari hal ini, kami mempersembahkan tentang perlakuan pajak atas usaha rumah kost yang diampu oleh Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Bapak Irawan Purwo Aji. Hotel dalam peraturan tersebut juga diartikan sebagai motel, losmen, rumah penginapan maupun rumah kos (kos-kosan) dengan jumlah ruang tidur atau kamar lebih dari sepuluh. Sehingga bisa dipahami bahwa usaha kos-kosan yang dikenai pajak adalah usaha kos dengan skala yang cukup besar yaitu memiliki jumlah kamar lebih dari sepuluh. Selain itu, jumlah peminat kos juga tidak pernah habis karena mereka membutuhkan tempat tinggal di kota rantau. Meskipun banyak pesaing seperti adanya apartemen, namun bisnis kos-kosan tak pernah surut mendatangkan penyewa.

Meskipun hanya tempat tinggal sementara, kos-kosan juga harus memiliki fasilitas yang membuat penghuninya betah. Munculnya usaha tersebut menyasar pada pasar pendatang baru yang memerlukan tempat tinggal dalam waktu tertentu atau sementara dengan biaya terbatas. Namun saat ini usaha kos-kosan telah dibangun dengan berbagai inovasi yang sangat beragam, mulai dari kos yang standar hingga kos exclusive. Penyewa hanya perlu menyesuaikan kebutuhan dan price range yang dimiliki. Beberapa izin ini harus dimiliki pebisnis kost-an demi kelancaran proses pembangunan bangunan ataupun setelahnya.

MEMBANGUN kos-kosan di Jakarta bisa menjadi pilihan investasi yang menggiurkan untuk jangka panjang. Selain tempat kost, bisnis kontrakan di Jakarta juga memiliki prospek jangka panjang yang cukup menjanjikan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung fasilitas dan lokasinya. Mulai dari bedeng-bedeng tripleks bertarif murah meriah, hingga kelas premium nan mewah dengan harga sewa belasan juta setiap bulan. Bisnis rumah kost akan memberikan prospek yang cerah dalam hal keuntungan.

Tetapkan harga yang sekiranya pas dengan fasilitas dan layanan dari kost Anda. Karena bila harga sewa terlalu tinggi, hal ini bisa berisiko dengan kondisi kost Anda yang sepi peminat. Namun jika sebaliknya, hal tersebut juga bisa beresiko pada Anda dalam perolehan untung yang kecil. Perlu sekali dalam merancang sebuah bisnis, kita harus tahu siapa target pasar utama kita. Sama seperti membangun bisnis kos-kosan, jika Anda menargetkan anak kuliahan maka sebaiknya carilah lokasi yang dekat dengan kampus.

Usaha kost-kostan

Hal inilah yang membuat bisnis kos-kosan begitu digemari oleh mereka yang memiliki pekerjaan tetap. Bisnis kos-kosan cukup menjanjikan untuk dijalankan, karena pemilik bisa mendapatkan pasivep revenue. Mereka tak perlu memikirkan pengelolaan bisnis yang rumit seperti mengurus perusahaan atau bisnis lain yang yang memer keterlibatan penuh dari pemiliknya. Di Jalan Mayor Dasuki, Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Poppy Karisma Lestya Rahayu membuka usaha kamar kos selama three Minggu terakhir. Bukan sekedar kamar, fasilitas kos yang dinamainya D’Modern Kos itu layaknya hotel. Alasan lain dia merujuk pada pengalaman adik sepupunya yang kuliah di Universitas Indonesia dan kesulitan mencari kost-kostan yang layak di daerah Depok, Jawa Barat.

Terutama bagi anda yang memiliki cukup modal untuk memulai usaha ini. End-to-End Error-Free Service, memungkinkan pebisnis kost untuk mendapatkan kemudahan dalam menjalankan bisnis operasional kost, tanpa kendala. Dengan pemahaman mendalam terhadap kost sektor dan budaya lokal Indonesia, Glen menambahkan, “Kendala operasional seringkali menjadi hal yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tak jarang pembengkakan biaya tak terduga muncul akibat perawatan gedung kost , hingga perawatan fasilitas-fasilitas gedung lainnya. Akibatnya, pemilik kos-kosan bisa kehilangan penghuninya karena dua hal tersebut. Berdasarkan Property Affordability Sentiment Index H1-2018, harga yang terlalu tinggi menjadi alasan kedua mengapa masyarakat Indonesia tidak segera membeli rumah.

Peluang usaha dan peluang kerja ini bisa anda dapatkan melalui kenalan atau lowongan kerja di web dan media massa. Supaya investasi properti mereka berjalan baik dan menguntungkan. Apalagi mereka yang sangat sibuk dan tak punya waktu banyak untuk mengelola bisnis rumah kost. Keuntungan kedua dari menjalankan usaha kos kosan adalah capital gain dan capitalization fee yang lebih tinggi dibanding tanah dan rumah biasa. Capital gain atau keuntungan modal merupakan selisih antara harga jual yang tinggi dengan harga pembelian yang lebih rendah, ringkasnya capital gain merupakan kenaikan harga dari sebuah properti. Sedangkan capitalization fee atau tingkat kapitalisasi adalah perbandingan antara penghasilan yang diperoleh dari sebuah properti dibandingkan dengan harga properti tersebut.