Mau Usaha Kost

Harapan kami, keberadaan yukbisniskost sebagai platform edukasi bisnis kost kostan bisa menjadi bekal bagi banyak orang ketika pensiun nanti. Ringkasnya, mereka yang sudah pensiun tetap bisa mendapatkan passive income melalui bisnis kost kostan. Disadari atau tidak, usaha rumah kost selain anti rugi dan cepat balik modal juga ternyata cukup minim dalam soal perawatan. Namun, sebetulnya jika dibandingkan, penghasilan dari usaha menyewakan rumah kost jauh lebih besar dibandingkan dari menyewakan rumah secara kontrak.

Menurut Glen, pebisnis kost tak perlu melakukan begitu banyak upaya untuk meningkatkan bisnis, namun tetap bisa berinvestasi dan mendapatkan passive income dari bisnis kost yang digelutinya. “Pebisnis kost akan mendapatkan pendapatan tetap yang stabil, bahkan cenderung meningkat setiap saatnya. Biasanya, occupancy rate/tingkat hunian kos-kosan juga cukup tinggi dibandingkan dengan hotel. Hal ini semakin memperbesar peluang kos kosan Anda laku tersewa.

Alasan lain kenapa bisnis kos kosan ialah bisnis yang menguntungkan ialah karena Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan dari usaha ini. Di samping dari duit sewa kos, Anda dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari meluangkan jasa dan memasarkan barang-barang keperluan penghuni kost. Ada sejumlah jasa yang bisa ditawarkan untuk penghuni/penyewa kost antara beda laundry, antar jemput dan catering. Di samping itu, kita juga dapat menawarkan barang-barang keperluan sehari-hari laksana pulsa, air mineral dan mi instan. Penggunaan sejumlah fasilitas tertentu contohnya AC, web, televisi berlangganan dan kamar mandi dalam juga dapat diperhitungkan sebagai ongkos tambahan diluar sewa kos. Selain tak pernah sepi dari peminat, usaha kost-kostan mampu memberikan passive income yang bersifat rutin bagi pemiliknya.

Usaha kost-kostan

Sekalipun penghasilan mereka besar, tetapi bisnis yang mereka jalankan juga sebagai investasi untuk masa depan atau sekadar ‘menghidupkan’ uang yang ada. Nggak heran, permintaan akan kos-kosan memang tinggi, terutama di daerah perkotaan. Tanpa harus bekerja, pengusaha rumah kost bisa mendapatkan penghasilan pasif yang nilainya menguntungkan. Bisnis rumah kost, memang banyak dipilih oleh mereka yang mau memulai bisnis properti. Apalagi jika rumah kost disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuni. Untuk fasilitas dari masing-masing usaha kost-kostan juga bermacam-macam.

Kampus UI memang menjadi salah satu daya tarik para pelajar yang ingin melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi. Hal tersebut makin menguatkan niatnya untuk membangun sebuah kost-kostan untuk mahasiswa atau mahasiswi di daerah Depok. Bisnis properti merupakan bisnis yang cukup menjanjikan saat ini, apalagi di tengah arus urbanisasi saat ini. Tapi, bisnis properti tidak akan berjalan baik dengan pengelolaan keuangan yang benar dan cermat. Jadi, jika bisnis kos-kosan mendapatkan omset tidak lebih dari 4,8 miliar rupiah per tahun, maka akan dikenakan PPh Final.

Kekurangan adalah pada modal yang diperlukan untuk mendirikannya yang bisa dikatakan cukup besar. Ketika sikap memimpin mampu menggantikan sikap memerintah, hal itu diyakini akan membuat banyak orang akan menyukai pekerjaan mereka. Menjaga kebersihan bukan saja sebagai bagian dari iman tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan nilai estetika. Rumah yang bersih akan membuat seseorang menjadi nyaman untuk berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama. Strategi pemasaran dari mulut ke mulut memang dipercaya sebagai strategi yang efektif untuk memasarkan bisnis. Namun di tengah era digital seperti saat ini, semua berpindah ke platform digital.