Mau Jadi Juragan Kos

Setelah langkah-langkah itu berlalu, Anda bermukim mendelegasikan pengelolaan lokasi tinggal kost untuk orang keyakinan Anda. Prospek yang cerah, menguntungkan dan menjanjikan serta laris manis dari bisnis penyewaan kamar kost-kostan di kota membuat banyak para pelaku usaha mulai melirik bisnis properti ini. Ditambah keuntungan lain dari bisnis kost-kostan yang harga jual rumah kost-kostan akan semakin naik setiap tahun. Dan bisa disewakan dengan keuntungan perbulan yang cukup menjanjikan. Usaha kamar kost-kostan merupakan jenis usaha yang bersifat pasif.

Khusus kelas ekonomi, AC digantikan kipas angin dan kamar mandi tanpa bathe. Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony. Cara penghitungannya terbilang sederhana dan mudah, karena Anda hanya perlu menghitung penghasilan bruto dari persewaan kamar selama sebulan dan dikalikan 1%. Selanjutnya, Anda hanya perlu membayarkan selambat-lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya. Maka anggaran pembangunan atau modal yang diperlukan kira-kira Rp.

Setelah membuat materi iklan untuk promosi bisnis kos-kosan dan berkonsultasi dengan ahlinya, baru, deh, selanjutnya mendistribusikan atau memasangnya pada media-media promosi yang ada. Dapat dimulai dengan membuat postingan pada media sosial dan secara berkala mengunggahnya kembali. Apa pun pilihan cara beriklan, efektivitas promosi bisnis kost-kostan dapat kamu awali dengan melakukan beberapa langkah berikut. Tidak ada yang mengetahui tentang bisnis kost-kostan yang kamu rintis kalau tidak melakukan promosi. Salah satu cara untuk promosi bisnis kost-kostan adalah dengan beriklan. Untuk membuat iklan yang efektif, ada beberapa langkah sederhana yang jangan sampai terlupakan.

Sehingga tidak sedikit pelaku bisnis yang mengincar peluang usaha ini. Maraknya bisnis properti di Indonesia tidak terlepas dari usaha kos-kosan atau indekos yang selalu dinilai berpeluang dalam menghasilkan keuntungan. Dari dulu hingga saat ini bisnis kos-kosan terus-menerus meningkat khususnya di wilayah industri dan instansi pendidikan. Namun perlu diketahui bahwa usaha tersebut tidak luput dari ketentuan pajak atas bisnis kos-kosan. Sebelum meraih keuntungan tersebut, tentu ada langkah yang harus dilalui oleh para pemilik bisnis properti. Mulai dari membuat perencanaan bisnis properti, melakukan perhitungan kebutuhan, menetapkan harga sewa yang tepat, dan mengiklankan propertinya.

Aman dan nyaman itu nomor satu untuk sebuah hunian kost-kostan. Sedangkan simple, dia ingin bangunannya nanti tidak terlihat rumit. Menurut Ririn, dirinya melihat banyak teman-teman di sekitar rumahnya yang menjadi rumah mereka sebagai kost-kostan. “Menarik juga punya penghasilan bulanan dari bisnis itu ya,� ungkap dia.

Mengelola bisnis yang satu ini tentunya anda tidak bisa meremehkan dengan mengatur dan mengurus semuanya sendiri. Karena jika Anda memaksa mengerjakan semua sendiri akhirnya hal yang tidak bisa Anda handle. Bisnis Anda tidak akan berjalan tanpa adanya penghuni, untuk itu tidak bisa Anda hanya mengandalkan promosi melalui offline dengan menawarkannya dari mulut ke mulut ataupun melalui brosur. Usahakan Anda memasang iklan pada media sosial yang menawrkan fasilitas iklan khusus kost-kostan, atau Anda bisa melakukan promosi melalui instagram dan fb. Dengan begitu kost-kostan Anda akan lebih dikenal luas dengan cepat. Selain dekat dengan kampus atau tempat kerja, diusahakan memiliki akses yang mudah untuk ke daerah lain.

Kedua bisnis propertiini sejak dulu memang memiliki prospek cerah untuk mencari rezeki. Sudah sering anda dengar kisah mengenai pensiunan yang hidup sendiri, jauh dari anak-anaknya yang bermukim di luar kota. Mereka memilih untuk mengekostkan lokasi tinggal tinggal mereka. Selain menyerahkan pendapatan tambahan untuk mereka, kehadiran anak-penyewa kost pun mampu menjadi sumber keceriaan di hidup mereka. Ada juga kisah mengenai pengelola kost yang kesudahannya menjalin hubungan bisnis dengan penyewa kost atau orang tua dari penyewa kost.

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat promosi bisnis Anda. Cobalah mulai dengan promosi melalui social media atau menempel brosur di tempat makan yang biasa dikunjungi goal market. Untuk larangan yang agak berat seperti membawa lawan jenis ke kamar, berarti pengusiran setelah tiga kali teguran. Ini bagus untuk mengantisipasi bila kita salah langkah dalam mengelola keuangan. Soalnya, kalau uang telanjur turun semua dan ternyata bisnis amblas. Kredit ini diberikan dalam satu siklus usaha, misalnya satu tahun.

Usaha kost-kostan

Berikut izin-izin yang harus dimiliki seperti dikutip Orento. Untuk merenovasi rumah tersebut menjadi tempat kost, Ben menambahkan kalau ia harus menggelontorkan uang senilai Rp 300 jutaan. Kedua, rumitnya pengelolaan kos-kosan, misalnya pasokan air bersih, listrik, kenyamanan, sampai keamanan bagi penghuni harus selalu terjamin. Jadi, jika memiliki kos-kosan yang terisi penuh, belum tentu pemilik dan pengelolanya memperoleh keuntungan. Namun, jangan paksakan diri Anda untuk memberi fasilitas di luar kemampuan atau modal yang ada. Hal terpenting adalah bagaimana bisnis ini bisa berjalan dulu, sambil mengumpulkan modal untuk membangun kost yang lebih besar dan lengkap.