Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya!

Jika rumah Anda berada di sekitar tempat wisata, membuka bisnis ini bisa dijadikan buah tangan para pengunjung. Sekarang ini usaha yang bisa meraup keuntungan besar bukan hanya dari offline saja. Dengan membuka bisnis on-line Anda bisa memperoleh keuntungan besar pula. Apalagi bisnis online tidak membutuhkan modal besar ketika begin-up di mulai. Menjadi seorang penulis lepas menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Dengan usaha sendiri, Anda memiliki jam kerja yang lebih bebas untuk menghindari macet dan menggunakan waktu 2-3 tersebut untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Apapun yang membuat Anda ragu untuk memulai usaha, singkirkan lah sekarang juga. Dengan menyingkirkan hambatan, pikiran negatif dan ketakutan, memulai usaha akan terasa lebih mudah. Memulai usaha sendiri bukan soal siapa yang paling pintar atau paling kaya. Memulai usaha sendiri berarti Anda memiliki nyali yang cukup berani untuk menjalani tantangan hidup yang lebih menggigit dan juga memaksimalkan potensi Anda.

Nyatanya, banyak bisnis yang terlihat sepele nyatanya merupakan usaha yang menjanjikan untung besar. Usaha-usaha dengan modal minim biasanya mengarah ke bidang kuliner, jasa, atau bisnis kreatif. Anda juga akan membutuhkan modal operasional untuk memulai usaha, sejumlah dana yang membuat bisnis Anda berjalan. Modal operasional termasuk biaya-biaya seperti gaji, upah, sewa, suplai, perawatan, periklanan, depresiasi, dan pembayaran bunga. Penasehat usaha kecil menyarankan bahwa biaya awal setidaknya mencakup modal operasional setidaknya selama enam bulan.

Memulai usaha dari bawah

Jangan segan memberikanfood samples free of charge untuk mengenalkan produk Anda. Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus tetap fokus dengan tujuan Anda. Meskipun hambatan terus berdatangan, Anda harus tetap fokus untuk menemukan solusinya. Sebaiknya, Anda juga memfokuskan diri pada satu bisnis saja terlebih dahulu agar lebih maksimal. Dengan tetap fokus, bisnis yang Anda mulai dari nol itu bisa meraih kesuksesan dengan lebih mudah dan maksimal.

Dia lalu menerapkan pola keagenan yang disebutnya “jenderal” untuk lebih dapat menjangkau konsumen. Kesuksesannya merintis bisnis dari nol di bidang perikanan dan penerbangan membuatnya dianggap layak menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di period pemerintahan Joko-Widodo-Jusuf Kalla. Namun kemudian dia mulai menangani order besar dengan jumlah tamu hingga ribuan orang. Nama Gibran Rakabuming melejit setelah ayahnya, Joko Widodo, menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian Presiden Indonesia. Jokowi merupakan pebisnis mebel, tapi Gibran tak mau menebeng bisnis itu.

Pajak penghasilan tidak hanya dikenakan bagi wajib pajak pribadi yang statusnya sebagai karyawan, di mana gaji dipotong oleh perusahaan tiap bulannya yang biasanya disebut PPh 21. Sebagian besar pemerintah negara bagian dan lokal mengharuskan bisnis untuk mendapatkan berbagai izin dan izin sebelum mereka dapat berbisnis di daerah tersebut. Ini biasanya mencakup izin usaha umum, pendaftaran pajak, izin kesehatan, dan izin kerja. Dengan demikian, meski Anda ‘bos’ dalam usaha tersebut, Anda sebagai franchisee tidak bekerja sendirian.

Perlu diketahui, pebisnis kelas dunia sekalipun pernah jatuh dan gagal, hingga akhirnya menjadi sukses seperti sekarang. Untuk meraih kesuksesan dalam berbisinis tentu diperlukan kerja keras dan pengorbanan. Selain komitmen diri sendiri, memulai bisnis membutuhkan motivasi dan dorongan dari luar diri kita. Meski, pada akhirnya penentu dari memulai atau tidaknya adalah diri sendiri.

Berikan pelayanan terbaik kamu dengan ramah dan cepat supaya pelanggan kamu nyaman dan tidak perlu menunggu lama. Jangan terpaku untuk membeli sembako dengan harga murah, karena belum tentu barang yang diberikan memiliki kualitas yang baik. Pertimbangkan untuk merogoh modal kamu lebih dalam untuk membeli barang-barang sembako yang lebih mahal namun menawarkan kualitas terbaik. Dengan itu kamu bisa menarik dan meyakinkan pelanggan bahwa toko kamu terkenal dengan bahan sembako yang berkualitas. Pengen nggak sih kamu membuka usaha menjual barang yang pasti dicari oleh orang?

Di sisi lain, perluas jaringan atau koneksi sebanyak-banyaknya dengan mencari kelompok atau organisasi yang sesuai dengan bisnis kamu. Cara ini akan memberikan kesempatan yang besar untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis kamu nantinya. Ketika memulai sebuah usaha, kamu punya peluang untuk membangun bisnis yang menguntungkan. Ya, kegagalan adalah hal yang tak boleh dianggap dilupakan dan dianggap remeh dalam berbisnis! Gak heran kalau banyak yang takut memulai bisnis karena terus dibayang-bayangi oleh kegagalan.