Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Dan Solusinya

Dari keragaman itulah yang terkadang memunculkan konflik yang diakibatkan oleh perbedaan-perbedaan ideologi kelompok semata. Sikap intoleransi dan diskriminasi juga kerap kali terjadi, terutama berkaitan dengan agama. Mengingat Indonesia memiliki banyak sekali keragaman agama seperti, Islam, Kristen, Buddha, Hindu, dan Kong Hu Chu. Seperti pada akhir 1990-an, Indonesia dikejutkan dengan tragedi Ambon berdarah, isu agama kemudian dijadikan sebagai pemicu terjadinya tragedi ini (Sindonews.com, 18/04/2018).

bersikaplah dewasa untuk menentukan keputusan demi karier kita , demi orang tua kita, dan orang-orang di sekeliling kita. Dengan kita mengetahui kemampuan financial orang tua kita tentunya nanti kita tidak akan mandek di tengah jalan. Selain itu dengan kemampuan finansial yang pas-pasan tentunya akan mendorong kita untuk lebih berprestasi dan agar nantinya kita mendapatkan beasiswa.

Dari ketiga faktor tersebut, dimensi yang paling berpengaruh terhadap kesiapan kerja adalah self-efficacy, ketahanan, dan refleksi tentang kapasitas. Penelitian terkini yang dilakukan oleh Sinndy alumni Fakultas Psikologi UIN Jakarta, menunjukkan bahwa ada tiga faktor penting yang memengaruhi kesiapan kerja mahasiswa. Tiga faktor tersebut adalah modal psikologis, kompetensi karir, dan dukungan sosial. Kontribusi ketiga faktor tersebut terhadap kesiapan kerja sebesar forty nine%. Penelitian ini melibatkan 210 mahasiswa semester 4, 6 dan eight (128 laki-laki dan 82 perempuan) dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selayaknya KKN biasanya, Djarot tidak menampik pendapat mahasiswa mengenai kurangnya prinsip pengabdian dalam KKN daring. Djarot menyatakan KKN daring memang lebih berat karena tidak bisa terjun langsung ke masyarakat. Untuk itu, DPkM mengimbau mahasiswa untuk mengerjakan semampunya saja. “Lebih baik melakukan KKN daring daripada tidak KKN,” kata Djarot. Dalam pemaparan Abduh, pihak DPkM terkesan membandingkan hasil program KKN daring yang dilakukan peserta periode 2 dengan periode 6. Ia mengatakan periode yang dilakukan dalam rentang bulan Mei hingga Juni lalu itu dianggap periode percobaan yang sukses oleh DPkM.

Kata “lulus dan bergelar sarjana” merupakan suatu keinginan terdalam dari setiap insan yang sedang menempuh pendidikan tinggi. Kelulusan tersebut sangat dinanti untuk mengobati setiap pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan. Demkian juga untuk mengukir senyum di wajah orang terdekat dan tersayang, yaitu kedua orang tua.

Kebanyakan kegagalan pengusaha adalah membuat produk yang tidak dibutuhkan masyarakat. Ia memberi saran agar membuat produk “demand driven”, yaitu produk-produk yang dibutuhkan masyarakat. Mencari kesibukan memang mudah, namun mencari kesibukan yang bermanfaat sulit untuk dilakukan. Mulai sekarang sibukkanlah diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Sarana dan prasarana yang dimaksud adalah komputer, laptop, dan infokus. Kendala berikutnya yang cukup tinggi mempengaruhi guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran adalah ketersediaan jaringan web dan sinyal. Pengetahuan teknis guru tentang teknologi informasi dan komunikasi yang terbatas menjadi kendala berikutnya dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran di kelas. Kemudian, ketakutan dan pertimbangan dampak negatif dari penggunaan alat berupa HP dan laptop di sekolah menjadi kendala guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Namun, faktanya ketika pembelajaran dengan model daring dilaksanakan, mulai muncul masalah-masalah dan kendala-kendala baru terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring baik oleh guru, orang tua wali dan siswa itu sendiri. Profesi guru mempunyai tanggung jawab yang melekat dalam proses pengajaran. Keinginan untuk menghormati dan percaya diri terhadap rekan kerja, guru, orang tua dan anggota masyarakat memberikan dorongan untuk mencapai dan mempertahankan tingkat etika perilaku siswanya.