Ini 8 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Cuma Rp 1 Jutaan!

Bobi memodali uang Rp a hundred juta untuk menyewa ruko, membeli peralatan masak, biaya operasional dll. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat besar bagi perekomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM.

yang Anda jual berkualitas, agar semakin banyak orang yang minat untuk membelinya. Seorang perempuan yang menjalankan kehidupannya di dunia kepenulisan, baik tulisan fiksi maupun non-fiksi. Dirinya merupakan penulis dua buku novel, ‘Change For Love’ penerbit ZA Publisher dan ‘Not Alone’ penerbit Guepedia. Memiliki pengalaman kerja sebagai freelance writer di berbagai tempat jasa penulisan artikel selama three tahun. Menentukan lokasi bisnis bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi pengusaha retail.

Bisnis modal rendah

Tidak bisa mudik memang mengecewakan, tetapi ini juga bisa jadi kesempatan untuk mewujudkan impian Anda memiliki rumah. Anda bisa menggunakan anggaran mudik yang batal karena imbauan pembatasan sosial berskala besar untuk merintis usaha modal kecil. Ini terutama bagi karyawan yang kehilangan pekerjaan atau cuti di luar tanggungan akibat pandemi COVID-19. Tuntutan keep at house bikin banyak orang berlomba-lomba dekorasi kamar mereka jadi lebih estetik.

Bisnis laundry paling populer dicoba di daerah dengan banyak gedung apartemen atau di lokasi dengan orang-orang yang tidak memiliki mesin cuci atau sibuk akan pekerjaannya. Apabila Anda memiliki barang bekas yang tidak digunakan, jangan dibuang. Anda bisa memanfaatkan barang bekas ini menjadi sebuah aset berharga dengan membuat toko yang menjual barang bekas. Atau bisa juga baca infomasi lain tentang bisnis untuk mahasiswa. Jika tempat tinggal atau tempat usaha kita dekat dengan lingkungan pendidikan baik sekolah atau kampus atau lingkungan perkantoran. Bila bisnis di ruko memiliki lokasi yang dekat dengan area perkantoran atau pendidikan.

Semua ini bisa asalkan Anda punya rencana yang jelas dan tekad untuk memulainya. Sementara itu, untuk tarif yang akan dibayarkan si klien bisa dipatok dari banyaknya halaman dan tingkat kesulitannya. Peluang usaha ini termasuk yang menjanjikan dengan modal yang nyaris tidak ada. Tak perlu punya modal yang besar untuk memulai usahamu, kamu bisa mencoba dengan modal kecil. Selain mengelola keuangan, memiliki penghasilan tambahan merupakan hal yang menggiurkan untuk dilakukan. Mengingat di tahun kemarin, sudah banyak masyarakat yang mulai merintis bisnisnya dan bisa meraup pundi-pundi rupiah.

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp 50 juta hingga miliaran rupiah dengan tenor mencapai 24 bulan. Pintek menawarkan bunga flat per bulan yaitu mulai dari zero,9 persen hingga 2 persen yang ditentukan berdasarkan credit rating yang kamu miliki. Tak sedikit orangtua yang membutuhkan guru privat untuk memberikan pelajaran tambahan untuk sang anak. Selain itu, banyak juga orang dewasa yang memilih les privat untuk mengasah kemampuannya di bidang tertentu, seperti bahasa inggris hingga mengaji. Modal yang dikeluarkan juga tidak besar, kamu bahkan tidak perlu menyewa kedai atau rumah makan. Kamu bisa berjualan di depan rumah maupun di pinggir jalan yang memang banyak dilalui oleh pekerja kantoran.

Kamu hanya perlu mengembangkan strategi promosi yang tepat dan pelayanan yang baik untuk bisa menjangkau customer. Hal tersebut mengindikasikan bahwa, negara Indonesia membutuhkan paling tidak sekitar 5 juta dari total 230 juta penduduknya untuk menjadi pengusaha. Usaha sampingan lain yang sedang digandrungi saat ini adalah menjalani profesi sebagai influencer dan youtuber.

Dengan mempunyai usaha sampingan, rencana tersebut akan membantu Anda di masa tua. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan hanya sekedar kata-kata, sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan media sosial untuk membranding makanan yang kamu jual. Sehingga tercipta hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan free of charge dari mulut ke mulut pelanggan.