Ideas Memulai Usaha Dari Bawah Ala Ketua Umum Hipmi Jateng

Ia juga mempertanyakan kenapa Sogo memasukkan 805 produk impor, justru bukan memajukan produk dalam negeri. Padahal, jauh sebelum itu, Abdul Latief memang sudah terikat pada komitmennya untuk memajukan produksi nasional. Menurut pikirannya, pemodal kuat dalam negeri saja sudah mulai mengganggu kehidupan pengusaha kecil, apalagi kalau pengusaha yang datang itu dari luar negeri. Bukankah setiap kali Sogo masuk ke suatu pusat pertokoan, pesaing yang sudah ada biasanya minggir. Tapi ternyata bukan modal asing, dan pangsa pasar Sogo pun juga tidak sama, akhirnya Abdul Latief tidak terlalu keberatan lagi. Memang Abdul Latief mempunyai pertokoan di Blok M, tetapi tidak di pusat pertokoannya.

Sebagai bisnis yang cocok untuk di desa, bisnis penginapan ini dapat berjalan maksimal jika anda membangun kerjasama dengan tempat wisata di sekitar tempat anda. Selain itu, memanfaatkan berbagai layanan media sosial juga membantu anda untuk memasarkan penginapan dengan jangkauan yang lebih luas. Walaupun sebagai bisnis di perkampungan, namun berbagai kerajinan tangan ini mempunyai pasar yang luas sampai ke mancanegara. Tinggal bagaimana memanfaatkan perkembangan teknologi untuk dapat memasarkan berbagai kerajinan tersebut. Walaupun ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi untuk mengajukan permohonan izin, namun jika sudah berjalan dengan baik dapat menjadi bisnis di kampung yg menguntungkan.

Memulai usaha dari bawah

Namun Anda juga akan memperoleh pendapatan dariorganizer fee yang besaran standarnya sebesar 10% dari anggaran yang diajukan. Dengan total keuntungan mencapai 100%, makareturn on funding bisa tercapai dalam satu kali produksi. Jika proses pengerjaan dilakukan sendiri dengan menggunakan peralatan masak yang ada di rumah, maka biaya produksi hanya dialokasikan untuk bahan baku dan kemasan.

Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan meengandalkan modal sendiri atau mencari investor. Berhasil tidaknya usaha salah satunya tergantung dari produk yang dijual. Dengan memulai usaha sendiri, Anda menjadi bos sendiri yang tidak terbatasi ide oleh orang – orang lain. Mungkin ini pertanyaan yang banyak ditanyakan orang ketika ingin memulai usaha. Makanya, hadir di seminar, mendengarkan talkshow di radio atau membaca di tabloid mengenai berbagai sharing kisah sukses adalah hal yang sebaiknya rutin dilakukan. Bukan hanya untuk menimba ilmu, tetapi lebih dari itu, menjadi booster semangat ditengah tantangan memulai usaha sendiri.

Jika modal kamu tidak terlalu besar, kamu bisa menjalankannya dengan skala kecil tanpa harus menyetok banyak barang dan tidak perlu menyewa ruko. Atau jika kamu memiliki modal yang besar, kamu bisa langsung menjalankan usaha sembako skala besar dengan menyetok banyak barang dan menyewa ruko, bahkan sampai memerlukan karyawan. Semua itu bisa dipertimbangkan berdasarkan modal dan risiko yang ingin kamu ambil, karena besar skala usaha kamu semakin besar juga risiko yang diterima.

Pada era konsep sekarang ini, inovasi adalah harga mati yang harus dimiliki setiap orang yang memulai bisnis. Mereka yang telat berubah karena merespon perubahan zaman, maka akan mati. Kodak dan Nokia adalah dua perusahaan besar korban terlambatnya adopsi konsep inovatif. Sebagai peluang usaha sampingan, berjualan gorengan dapat dilakukan saat sore hari, sepulang kerja.